Menu
Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia

Eksplanasi Sosial PD Lidmi Bulukumba Yang Berawal Dari Rihlah Di Kepulauan Selayar

  • Bagikan

*YUDHAINDONESIANEWS.COM*

BULUKUMBA – Pimpinan Daerah Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (PD LIDMI) Kabupaten Bulukumba melakukan tur di Kepulauan Selayar. Kegiatan ini diselingi dengan diskusi ilmiah hingga eksplorasi wisata, ekonomi, serta analisa dakwah kampus dan problematika sosial Daerah (Ahad, 04 Desember 2022).

Pramuwisata dalam kegiatan Darmawisata ke Kepulauan Selayar kali ini adalah ketua PD Lidmi Bulukumba sendiri.

Turut serta dalam tur : MSO PD Lidmi Bulukumba, Pembina PD Lidmi Bulukumba, Ketua dan Pengurus Departemen Infokom PD Lidmi Bulukumba, serta Pengurus Departemen Kaderisasi PD Lidmi Bulukumba.

Sohib Fadli Anas, S.Pd. selaku Ketua PD Lidmi Bulukumba merupakan seorang Backpacker yang telah memahami kondisi ekonomi sosial dan titik wisata di kepulauan Selayar.

“Alhamdulillah, sudah cukup sering ke Selayar bahkan rutin sejak tahun 2018 sehingga dalam kegiatan Rihlah kali ini saya sendiri yang memandu sohib sohib sekalian,” ujarnya.

“Tujuan rihlah tentunya untuk wisata Alam, akan tetapi apakah kita tidak ingin memanfaatkan waktu dan selingan perjalanan untuk ilmu pengetahuan?,” ungkapnya.

“Sehingga bukan hanya rihlah, ada banyak sesi diskusi dan dialog yang kami adakan, baik itu saat diatas kapal maupun saat istirahat dan singgah shalat berjama’ah,” lanjutnya.

Salah satu persinggahan Tour PD Lidmi Bulukumba adalah di salah satu pusat Dakwah dan Pendidikan yang ada di titik kota Kepulauan Selayar.

Rombongan tour ,di jamu dengan hangat, bahkan dengan penuh rasa penghormatan ada beberapa ustadz yang merupakan Da’i dan Tokoh Daerah memandu rombongan menuju beberapa lokasi wisata bahari yang cukup jauh di ujung selatan kepulauan Selayar.

Memanfaatkan momentum, MSO dan Pembina Lidmi Bulukumba membuka percakapan terkait dengan Dakwah secara umum hingga mengerucut kepada potensi Dakwah Kampus di Selayar.

“Hal ini kami lakukan demi memberikan contoh kepada para pengurus bahwa dimanapun kita berada, selalu manfaatkan peluang yang ada untuk dakwah karena Allah,” ujar Pembina Lidmi Bulukumba.

“Termasuk dengan fenomena sosial kita di Daerah, prostitusi online. Dari apa yang kita diskusikan tadi dapat diketahui bahwa Masyaallah Dakwah yang massif di kepulauan Selayar mampu meredam fenomena buruk semacam itu disini,” ungkap MSO PD Lidmi Bulukumba.

“Kabupaten Kepulauan Selayar harusnya menjadi contoh bagi daerah kita terkait dengan bagaimana peran Da’i dan Pemerintah dalam menekan dosa dan keburukan serta penyimpangan sosial yang ada!” tegas Ketua PD Lidmi Bulukumba.

Ungkapan ketua PD Lidmi Bulukumba sejalan dengan komentar nya di akun resmi PD Lidmi Bulukumba pada Hari HIV/AIDS Dunia saat viralnya pemberitaan di Kabupaten Bulukumba terkait prostitusi online (01/12/2022).

“Alhamdulillah, patut kita syukuri bersama langkah kongkrit yang dilakukan pemerintah baru baru ini dengan menurunkan Satpol PP untuk telusuri seluruh tempat tempat yang diduga adanya prostitusi di Daerah,” ungkap ketua PD Lidmi Bulukumba.

“Kami mengikuti beritanya dan perkembangan dari kasus ini, semoga para pemuda terkhusus kita yang tergabung dalam OKP Kemahasiswaan terus perjuangkan Dakwah dan Kebaikan di Daerah yang kita cintai,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, dalam waktu dekat PD Lidmi Bulukumba akan mengadakan Dialog Kebangsaan dengan tema “Sumbangsih Nyata Organisasi Pemuda Intelektual Sebagai Harapan Ummat Dan Bangsa Ditengah Isu Gelap 2023”.

Turut hadir dalam kegiatan seluruh OKP Kemahasiswaan dan Lembaga Pemerintah yang terkait untuk menyampaikan orasinya sesuai dengan tema yang diangkat.

Lidmi, HMI, IMM, PMII, SEMMI, KNPI Bulukumba dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan ini terbuka untuk seluruh Mahasiswa Kabupaten Bulukumba yang ingin bergabung, khusus laki laki.

Reporter : Ahmad Robbani

Pewarta : Tim YIN ( Srf )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *